Wednesday 19 May 2010

Membuat daftar isi otomatis di Ms. Word 2003



Cara pembuatan daftar isi pada dokumen kadang menjadi hal yang terlalu menyita waktu, apalagi kalau sering terjadi perubahan halaman dari judul yang kita jadikan daftar isi. Terpaksa kita harus mengedit di nomor berapa sekarang judul itu berbeda. Mungkin kalau terjadi satu kali tidak terlalu masalah, tapi kalau terjadi berkali-kali? apakah kita akan mengganti sebanyak terjadi penggantian tersebut. Mungkin itu bisa aja, tapi kalau ada cara yang lebih cepat dan tepat, kenapa enggak?Toh, dari aplikasi perkantoran ini juga memiliki fasilitas untuk melakakukannya.
Iya, seberapa banyak anda melakukan perubahan halaman dari judli- judli maupun subjudli di dalam data anda, anda hanya tinggal melakukan update field yang ada di daftar isi, maka semuanya akan terselesaikan. Dan kelebihannya lagi, anda tidak perlu mengetik manual dan mengatur judli dan subjudli di dalam daftar isi, karena secara otomatis akan terselesaikan dengan sendirinya.

okay, saya kira cukup cuap- cuapnya, langsung saja, bagaimana cara membuat daftar isi otomatisnya:

  • buka atau buat data yang akan di buat daftar isinya

  • siapkan satu halaman atau bebarapa halaman sebagai tempat daftar isi (sesuaikan dengan kebutuhan anda)

  • pilih menu format > styles and formatting, sehingga muncul task pane seperti gambar di bawah


  • select tulisan yang ingin di jadikan sebagai daftar isi. Misalnya, pada gambar di bawah saya ingin tulisan "Bagaimana Cara Membuat Format Penomoran Halaman Yang Berbeda Dalam Suatu Dokumen" menjadi salah satu judul di dalam daftar isi. Maka select tulisan tersebut, dan dari task pane, pilih Header1 untuk membuat judul, Header2 untuk membuat subjudul, dan seterusnya.


  • lakukan hal yang sama pada tulisan2 yang ingin di jadikan judul maupun subjudul di daftar isi

  • setelah semuanya selesai, letakkan cursor pada halaman di mana daftar isi akan di buat, pilih menu insert> reference> index and tables. Dan biarkan default saja (kalau saya), langsung klik OK
  • jika ada perubahan halaman pada judul maupun subjudul pada dokumen anda, anda tinggal melakukan update di daftar isi tersebut.



maka sekarang daftar isi telah terbuat secara otomatis.




.


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment